Cara Mengatasi Eksim Selain dengan Decoderm Krim

Eksim atau dikenal dengan nama dermatitis merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang bisa menyebabkan rasa gatal dan kulit kemerahan. Eksim seringnya dialami oleh anak-anak, namun tak menutup kemungkinan juga dialami orang dewasa. Salah satu krim untuk mengobati eksim ini adalah Decoderm. Ada juga berbagai obat lain yang mungkin diresepkan dokter.

Eksim tidak sama dengan penyakit kulit lainnya karena sifatnya kronis. Umumnya, penderita dermatitis atopik ini juga punya riwayat asma dan rhinitis alergi. 

Penyebab Eksim Atopik

Eksim atopik ini belum diketahui secara pasti apa penyebabnya. Para ahli meyakini bahwa hal ini disebabkan karena kombinasi penyakit genetik dan didukung berbagai faktor lain.

Menurut mereka, orang yang mempunyai dermatitis atopik sudah mengalami mutasi gen, sehingga kulit jadi kering dan rentan terinfeksi.

Munculnya eksim atopik ini mirip seperti reaksi alergi. Dibutuhkan suatu pemicu yang berasal dari luar atau dalam tubuh yang menyebabkan munculnya gejala seperti ruam, gatal, dan kemerahan di kulit. 

Alergen ini membuat sistem imun bereaksi berlebihan yang menyebabkan munculnya peradangan. 

Cara Mengatasi Eksim

  1. Hindari pemicu alergi

Jika Anda memiliki riwayat eksim atopik, ada baiknya untuk mencari tahu barang atau benda apa yang berpotensi memicu kambuhnya gejala. Misalnya karena penggunaan pduk tertentu, seperti sabun atau pakaian berbahan tertentu. Sehingga Anda perlu menghindari penggunaannya.

Hindari juga asap rokok, serbuk sari, bulu binatang, dan sejenisnya. Komponen tersebut bisa memperparah kondisi Anda.

  1. Mengubah pola makan

Beberapa jenis makanan bisa menyebabkan munculnya gejala dermatitis atopik, seperti telur, maupun susu sapi. 

Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terkait mengubah pola makan ini agar tidak berubah langsung secara drastis. 

  1. Jaga kelembapan kulit

Eksim atopik bisa dicegah dengan menjaga kelembapan kulit. Penderita eksim atopik biasanya memiliki kulit kering sehingga bisa menggunakan pelembap untuk menjaga kulit tetap sehat. 

Anda bisa memilih pelembap dengan konsistensi kental dan mengandung sedikit air.

Oleskan pelembap pada kulit setelah mandi agar kelembapan kulit bisa terjaga. 

  1. Gunakan perban khusus

Biasanya dokter juga meresepkan perban khusus untuk penderita eksim. Perban ini mengandung obat yang digunakan untuk membungkus area kulit yang mengalami eksim atopik. 

Anda bisa mengoleskan salep kortikosteroid sebelum membungkus kulit dengan perban. Hal ini untuk mencegah terjadinya gatal dan membantu menyembuhkan kulit, serta mencegah kulit jadi kering. 

  1. Gunakan obat 

Mengobati eksim atopik memang perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dokter biasanya akan meresepkan berbagai obat eksim yang akan membantu meredakan gejala eksim yang dialami. 

Obat yang diresepkan dokter akan disesuaikan dengan kondisi gejala yang dialami. Jika cukup parah, maka akan diberikan obat steroid minum. Dokter juga biasanya meresepkan antihistamin yang berguna untuk meredakan rasa gatal dan antibiotik khusus eksim jika adanya infeksi.

Obati Eksim dengan Decoderm Krim

Salah satu jenis obat untuk eksim yang bisa didapat di apotek adalah Decoderm krim ini. Selain untuk mengobati penyakit kulit baru atau lama, Decoderm krim ini juga bisa mengobati kulit terbakar karena sinar matahari, dan gigitan serangga. 

Obat Decoderm Krim ini tidak boleh digunakan jika Anda menderita cacar, tuberkulosis kulit dan terkena penyakit sifilis. 

Selain menggunakan obat, Anda juga perlu menghindari penyebab penyakit eksim kambuh dan juga menjauhi hal-hal yang dapat memicu terjadinya eksim. Hindari penggunaan sabun berbahan kimia keras dan gunakan pelembap secara rutin setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *