Cara Mengobati Flu Anak dengan Rhinos Junior Sirup

Flu dan pilek pada anak disebabkan oleh virus, serta memiliki gejala yang serupa. Perbedaannya, pilek tampak dialami oleh anak dalam beberapa hari, tetapi flu lebih seperti serangan mendadak. Jadi anak tiba-tiba akan merasa sangat sakit. Flu juga dapat menyebabkan anak-anak merasa lelah, pegal, dan lemah. Anda dapat mengobati flu pada anak dengan obat yang dijual bebas baik di apotek atau toko terdekat dari rumah Anda salah satunya yaitu Rhinos Junior Sirup.

Berikut beberapa cara untuk mengobati flu pada anak.

1. Berikan Minuman atau Cairan

Jaga agar anak tetap terhidrasi dengan sering minum untuk membantu mengurangi gejala pilek dan flu dan membuatnya merasa lebih baik. Demam juga dapat menyebabkan dehidrasi. Anak mungkin tidak merasa haus seperti biasanya, dan mereka mungkin tidak nyaman saat minum, jadi penting untuk menawarkan kepada mereka minum banyak cairan.

Dehidrasi bisa berdampak sangat serius pada bayi, terutama jika mereka berusia di bawah 3 bulan. Hubungi dokter anak Anda jika Anda menduga bayi Anda mengalami dehidrasi. Beberapa tanda dehidrasi pada anak-anak: 

  • tidak ada air mata saat menangis
  • bibir tampak kering
  • muncul bintik-bintik lembut yang tampak cekung
  • aktivitas menjadi menurun
  • buang air kecil kurang dari tiga sampai empat kali dalam 24 jam.

2. Bersihkan Saluran Hidung yang Tersumbat

Obat semprot hidung tidak direkomendasikan untuk digunakan pada anak kecil. Anda bisa menggunakan humidifier di kamar anak Anda. Alat ini akan membantu memecah lendir. Pastikan untuk membersihkan humidifier dengan hati-hati agar jamur tidak tumbuh dan berkembang di dalam mesin humidifier. 

Pilihan lain adalah menggunakan semprotan atau tetes hidung saline, yang membuat lendir tipis lebih mudah dihembuskan atau dikeluarkan dengan jarum suntik. Metode ini sangat membantu dan bisa dilakukan sebelum makan dan sebelum tidur.

3. Atasi Batuk

Jika anak Anda berusia di atas 1 tahun, Anda bisa memberikan madu untuk mengatasi batuk daripada menggunakan obat. Anda dapat memberikan 2 hingga 5 mililiter (mL) madu beberapa kali di siang hari.

Madu lebih aman dan lebih efektif daripada obat batuk untuk anak di atas 1 tahun. Akan tetapi, Anda tidak boleh memberikan madu kepada anak-anak di bawah satu tahun karena ada risiko botulisme. 

4. Ajak Anak untuk Istirahat

Istirahat yang cukup dapat membantu anak Anda pulih dengan lebih cepat.

Anak Anda mungkin juga merasa sangat panas karena demam. Berikan mereka pakaian yang nyaman dan hindari menggunakan selimut tebal atau lapisan berlebihan yang bisa membuat mereka merasa lebih panas. Mandi air hangat juga dapat membantu mereka menjadi dingin dan rileks sebelum tidur siang atau tidur di malam hari.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan obat yang dijual bebas di apotek seperti Rhinos Junior Sirup. Rhinos Junior Sirup adalah obat yang bermanfaat mengatasi bersin dan hidung tersumbat yang terjadi pada anak karena pilek. 

Meski begitu, Anda harus mengetahui efek samping dari Rhinos Junior Sirup, yaitu:

  • Mengantuk
  • Mulut menjadi kering
  • Mengalami insomnia
  • Sakit kepala
  • Gemetar tidak terkendali atau tremor
  • Detak jantung berdetak lebih dari 100 kali/menit (takikardia)
  • Irama jantung menjadi tidak teratur (aritmia)
  • Jantung berdebar-debar (palpitasi)
  • Sulit buang air kecil
  • Gangguan pencernaan.

Rhinos Junior memiliki kandungan pseudoefedrin HCl yang merupakan dekongestan untuk mengatasi hidung tersumbat, serta CTM yang merupakan antihistamin untuk menekan pengeluaran histamin sehingga menghentikan bersin-bersin dan peradangan pada saluran pernapasan. Rhinos Junior merupakan obat bebas terbatas sehingga frekuensi penggunaannya harus sesuai dengan kemasan atau berdasarkan anjuran dari dokter, apoteker, atau tenaga kesehatan lainnya. Anda bisa mendapatkan Rhinos Junior Sirup dengan harga Rp47.700 untuk kemasan isi 60 mL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *