11 Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Corona, Salah Satunya Rutin Tes Swab

Pandemi Covid-19 sudah 1,5 tahun melanda Indonesia. Semua orang harus waspada saat beraktivitas di luar ruangan atau di tempat umum. Untuk memutus rantai penularan, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan tes swab rutin jika memang selalu bekerja di luar. 

Rutin melakukan tes swab berguna untuk bisa tahu lebih cepat ketika tubuh sedang terinfeksi. Sehingga bisa melakukan preventif agar tidak menularkannya pada orang lain. Pasien yang dinyatakan positif tentu juga harus mendapat penanganan medis dan melakukan isolasi.

Selain itu, ada beragam upaya pencegahan yang bisa dilakukan agar tidak terinfeksi virus Covid-19 dan memutus rantai penularan ke lebih banyak orang. 

Upaya Preventif Penyebaran Virus Corona

  1. Rajin cuci tangan

Penyebaran penyakit hampir sebagian besarnya melalui tangan, termasuk penyebaran virus penyebab Corona. Rajin mencuci tangan hingga bersih dengan sabun dan air mengalir akan membunuh bakteri, kuman, dan virus yang menempel. Memastikan tangan selalu bersih bisa mengurangi risiko terkena virus Covid-19.

  1. Hindari menyentuh wajah dengan tangan sembarangan

Penyebaran virus Corona ini bisa melalui mata, mulut, dan hidung. Area segitiga wajah ini perlu dijaga dan jangan sentuh sembarangan dengan tangan yang kotor. Apalagi sebelumnya Anda bersalaman dengan orang lain atau menyentuh benda asing.

  1. Perhatikan etika saat bersin dan batuk di tempat umum

Droplet yang keluar ketika seseorang bersin atau batuk juga bisa menyebarkan virus pada orang lain. Udara jadi media penularan sehingga perlu memperhatikan etika saat bersin dan batuk. 

Tutuplah hidung dan mulut menggunakan siku atau lengan atas agar orang lain tidak terkena percikan liur. Selain itu juga bisa menggunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung. Jangan lupa buang tisu bekas bersin ke dalam tempat sampah. Cuci tangan hingga bersih agar tidak ada kuman atau virus yang menempel.

  1. Hindari berpelukan atau bersalaman

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tangan bisa jadi media penularan virus pada orang lain. Untuk saat ini, hindarilah kontak kulit dengan orang lain, seperti berjabat tangan atau berpelukan. Hal ini bisa menghindari Anda dan orang lain dari penularan virus.

  1. Jangan berbagi barang dengan orang lain

Virus penyebab Covid-19 ini disebut dapat bertahan di permukaan benda selama 3 hari. Sehingga sebaiknya tidak berbagi peralatan makan, sendok, sedotan, sisir, atau barang pribadi lain dengan orang lain. Gunakan barang sendiri agar terhindar dari risiko terinfeksi Covid-19.

  1. Menggunakan masker

Saat akan keluar rumah, pastikan untuk memakai masker dan tidak melepasnya sekalipun kecuali ada hal-hal tertentu. Bahkan, dalam kondisi sekarang ini, Anda juga disarankan menggunakan masker ganda agar efektif mencegah penularan virus Corona.

Menggunakan masker double ini akan memastikan tidak ada celah di area mulut dan hidung sehingga mampu melindungi dengan optimal.

  1. Menjaga jarak

Menjaga jarak sosial dengan orang lain saat berada di tempat umum juga jadi cara yang efektif mencegah penularan. Menerapkan physical distancing saat berada di luar rumah perlu dilakukan. Setidaknya berjarak sekitar 1 meter dengan orang lain.

  1. Jangan berkerumum atau berkumpul dalam jumlah banyak

Pandemi virus corona ini tidak akan berakhir jika masih banyak warga yang tidak mendengarkan imbauan pemerintah. Hindarilah kerumunan atau jangan membuat perkumpulan dengan terlalu banyak orang. 

Hal ini bisa menjadi penularan virus Covid-19. Untuk saat ini ada baiknya untuk melakukan berbagai aktivitas di rumah saja secara virtual. Semoga pandemi bisa cepat berlalu.

  1. Membersihkan perabotan dan ruangan 

Selain itu, penting juga untuk rutin membersihkan perabotan atau barang-barang di rumah serta ruangan. Apalagi barang-barang yang sering disentuh, seperti gagang pintu, laptop, dompet, handphone, keyboard komputer, dan sebagainya.

  1. Melakukan vaksinasi

Vaksinasi penting dilakukan untuk menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok. Vaksinasi juga akan melindungi tubuh dari penularan Covid-19. Jangan takut untuk melakukan vaksinasi karena ini adalah salah satu cara yang efektif untuk melindungi tubuh Anda dari risiko tertular.

  1. Rutin melakukan tes swab jika bekerja di luar ruangan dan bertemu banyak orang

Melakukan tes swab baik antigen atau PCR secara rutin akan membantu mengetahui apakah tubuh seseorang terinfeksi atau tidak. Dengan begitu, Anda bisa lebih aman saat berada di rumah bersama keluarga jika sudah pasti negatif.

Jika hasil pemeriksaan positif, maka Anda bisa segera mendapat penanganan dan melakukan isolasi sehingga anggota keluarga lain tidak tertular. 

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memutuskan rantai penyebaran virus Covid-19. Jangan lupa terapkan selalu protokol kesehatan saat berada di luar. Pastikan Anda segera mendapatkan vaksin Covid-19. Lakukan tes swab bisa Anda merasakan berbagai gejala Covid-19 untuk memastikan semuanya aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *